Total Tayangan Halaman

Senin, 28 Februari 2011

Blog sebagai sebuah WEBSITE PRIBADI

Blog adalah website pribadi. Anda bisa menuliskan catatan atau artikel Anda pada bagian on-going dan artikel terbaru akan muncul di bagian paling atas. Pengunjung dapat membaca artikel tersebut sekaligus memberi komentar. Komentarnya sendiri dapat diberikan secara langsung ataupun lewat jalur email yang telah disediakan. Blog sering kali dinilai sebagai catatan harian karena mengeksplorasi pengalaman ataupun gagasan-gagasan individual yang dinilai layak dikemukanan untuk dikonsumsi pengguna lain secara umum.jadi blog adalah whatever you want, apapun yang anda inginkan bisa dimasukkan dalam situs ini, seperti catatan harian, biodata, ide-ide atau gagasan anda, berita, koleksi link, photo dan lain sebagainya.
Tidak ada format baku dalam pembuatan blog. Ada banyak model, dalam bentuk dan ukuran untuk blog tersebut. Arti kata blog sendiri akan terus berkembang seiring dengan waktu karena keanekaragaman ide yang dimunculkan serta ide-ide baru dapat dimunculkan dengan mudah.

Aktifitas blog sering disebut dengan bloging, sedangkan individu yang menjalankan blog tersebut disebut blogger. Dengan adanya otoritas individu di dalam pengelolaan blog, maka blogpun berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan pembuatnya. Blog yang semula merupakan catatan perjalanan seseorang di internet, seperti misalnya link ke situs lain yang dikunjungi dan dianggap menarik kemudian menjadi jauh lebih menarik dari pada sebuah daftar link. Hal ini karena para blogger bisanya memberi komentar-komentar menarik, atau mengemukakan pendapat pribadi mereka pada link yang mereka buat. Blog juga semakin berkembang karena adanya interaksi dari pengunjung blog tersebut.

Pengunjung dapat mengetahui adanya sebuah blog baru dari link yang ada di blog lain. Ini menunjukkan semakin banyak sebuah blog di-link oleh website lain , semakin besar kemungkinannya untuk dikunjungi pendatang baru. Semakin banyak dikunjungi artinya semakin banyak orang tahu tentang blog tersebut. Dengan kata lain blog tersebut semakin terkenal. Cara yg lain yaitu langsung dari pemilik blog, search engine, blog sendiri.

Apa yang dilakukan ketika mendatangi blog baru? ada yang langsung meninggalkan, tetapi ada juga pengunjung yang berusaha mengenal blog baru tanpa langsung meninggalkan, meskipun kedatangannya tidak disengaja. Selanjutnya pengenalan sekilas pengenalan suasana blog, desain, dan posting, kemudian membaca posting yang ada, meskipun tidak semua meninggalkan komentar, hanya sapaan melalui Tagboard/Guestbook.

Kunci keberhasilan sebuah blog adalah banyaknya pengunjung yang mengunjungi Blog tersebut. Semakin banyak pengunjung, akan semakin banyak terjadi interaksi dengan orang banyak. Para blogger juga diwakili  oleh Blog mereka dalam mengekspresikan persahabatan, permusuhan, dan seringkali melakukan perdebatan yang mereka muat dalam Blog mereka masing-masing, yang kemudian mereka link-kan pada opini awal yang mereka komentari. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian para seorang blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar